Wednesday, June 19, 2024
HomeResep MasakanResep Ayam Kecap Pedas Manis Enak Dan Gurih

Resep Ayam Kecap Pedas Manis Enak Dan Gurih

Bagi anda yang sedang ingin membuat ayam kecap untuk menu di meja makan, anda bisa mencoba resep ayam kecap pedas manis yang enak dan gurih disini. Ayam kecap merupakan salah satu menu masakan berbahan ayam yang sangat populer dan disukai banyak orang karena tak hanya menggunakan rempah sebagai bumbunya, akan tetapi juga dilengkapi kecap manis sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih nikmat dan gurih.

Nah bagi anda yang memang ingin membuat ayam kecap, disini kami akan berikan resep ayam kecap pedas manis untuk anda. Resep yang satu ini tentu sedikit berbeda dengan ayam kecap pada umumnya karena selain bercita rasa manis, masakan ini juga terasa pedas sehingga menambah kenikmatan masakan, terutama bagi anda yang penyuka makanan pedas. Untuk itu, berikut resep ayam kecap pedas manis yang enak dan gurih untuk anda.

Bahan Yang Dibutuhkan

Bahan utama :

     Ayam segar 1 ekor

     Air perasan jeruk nipis 3 sdm

     Daun salam 2 lembar, cuci bersih

     Serai 1 batang, memarkan

     Lengkuas 2 cm, memarkan

     Kecap manis secukupnya

     Garam secukupnya

     Penyedap rasa secukupnya

     Gula pasir secukupnya

     Air bersih secukupnya

     Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :

     Cabe rawit hijau 15 buah

     Cabe merah besar 3 buah

     Bawang merah 10 buah

     Bawang putih 5 siung

     Saus sambal 1 sdm

     Saus tomat 2 sdm

     Merica bubuk ½ sdt

     Jahe 2 cm, kupas terlebih dahulu

     Kunyit 2 cm, kupas terlebih dahulu

     Kemiri sangrai 2 butir

Cara Membuat Ayam Kecap Pedas Manis

1.    Langkah pertama adalah membersihkan ayam terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Setelah itu, potonglah ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Namun jangan terlalu besar ataupun kecil.

2.    Setelah dipotong-potong, ayam kemudian dilumuri menggunakan air perasan jeruk nipis. Setelahnya diamkan selama kurang lebih 10 menit.

3.    Kemudian rebuslah air sampai mendidih lalu masukkan potongan ayam. Rebus ayam sampai matang dan dagingnya empuk. Angkat dan tiriskan.

4.    Selanjutnya panaskan minyak di atas api sedang lalu tumis semua bumbu halus sampai harum. Tambahkan serai, lengkuas dan daun salam. Aduk-aduk sampai menjadi layu.

5.    Masukkan air bersih sekitar 250 ml ke dalam tumisan bumbu, aduk sebentar dan biarkan sampai mendidih.

6.    Setelah mendidih, masukkan potongan daging ayam. Tambahkan gula, kecap manis, garam dan juga penyedap rasa secukupnya saja. Aduk sampai rata dan diamkan beberapa saat sampai kuahnya menyusut dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

7.    Angkat dan pindahkan ke piring saji. Ayam kecap pedas manis siap disajikan.

Nah itulah ulasan mengenai resep ayam kecap pedas manis yang enak dan gurih yang bisa anda coba praktekkan di rumah. Sajikan dalam keadaan yang masih hangat dengan nasi yang juga hangat. Sekian

Oleh: hariliburnasional.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments